Website merupakan salah satu penunjang bisnis yang sangat berguna bagi kelangsungan usaha yang kita jalankan, terutama usaha yang bergelut dalam dunia bisnis online. Salah satu jenis website yaitu Landingpage. Landingpage banyak digunakan oleh para pebisnis online yang menjual produk melalui iklan seperti Facebook Ads dan Google Ads. Mungkin sebagian dari anda pernah berkunjung ke halaman landingpage namun anda belum menyadarinya. Maka dari itu di artikel kali ini, saya akan membahas secara lengkap apa itu landingpage beserta manfaat bagi bisnis yang dijalankan. Simak artikel berikut ini

Pengertian Landingpage

Landingpage berasal dari bahasa inggris, yaitu Landing yang berarti mendarat serta page yang berarti halaman. Landingpage adalah sebuah halaman tunggal yang dioptimalkan untuk promosi dan pemasaran untuk menunjang keperluan iklan online.

Mengenal Apa itu Landingpage beserta Jenis Jenisnya

Jadi secara singkat, landingpage dibuat sebagai halaman khusus yang berfungsi untuk mengarahkan penunjung dari iklan ke landingpage kemudian melakukan aksi yang kita inginkan, misal membeli, mendaftar atau perintah lainya.

Landingpage yang bagus memiliki beberapa ciri, seperti loading yang cepat, tampilan yang menarik, kata-kata copywriting yang menggoda serta struktur yang menghasilkan konversi tinggi.

Apa Bedanya Landingpage dengan Website?

Landingpage dan website itu berbeda. Landingpage adalah halaman tunggal sedangkan website merupakan halaman umum yang dibuat untuk berbagai keperluan. Sebenarnya landingpage itu juga termasuk jenis website. Karena website sendiri ada banyak jenis, mulai dari company profile, ecommerce, forum, sosial media, landingpage dan sebagainya. Intinya, landingpage itu juga termasuk website, jadi mulai sekarang anda jangan keliru membedakan website dengan landingpage.

Jenis-jenis Landingpage

Bedasarkan fungsinya, landingpage dibagi menjadi 3 Jenis, yaitu

1. Click Through

Landingpage jenis ini ditujukan untuk mempengaruhi para pengujung untuk melakukan klik ke halaman lainya. Misalnya seperti landingpage penjelasan atau review produk, kemudian diarahkan ke halaman pembelian atau keranjang belanja. Landingpage jenis ini biasanya untuk membangun minat dan pengetahuan calon konsumen tentang produk yang ditawarkan (Product Knowledge). Kebanyakan, LP jenis ini dipakai oleh raksasa-raksasa e-commerce karena mereka memiliki budget iklan besar serta traffic yang tinggi sehingga lebih toleransi terhadap nilai konversi yang lebih rendah dari jenis LP sales.

2. Sales Page

Landingpage jenis ini lebih difokuskan untuk melakukan konversi sebanyak-banyaknya. Maka dari itu, Struktur Landingpage ini biasanya berisi element yang terstruktur yang mampu menghipnotis calon pelanggan. Secara umum, landingpage jenis ini berisikan headline, detail produk, testimoni dan ajakan untuk melakukan pembelian (CTA). Jenis landingpage ini merupakan jenis yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis online atau biasa disebut Imers untuk menjaring traffic dari iklan seperti Facebook Ads atau Google Ads.

Maanfaat landingpage jenis ini dinilai sangat menguntungkan karena dapat menghemat waktu para advertiser dalam memasarkan produk mereka.

3. Lead Generation

Sama seperti sales page, LP lead generation juga memiliki struktur dan call to action, namun yang membedakan landingpage ini difokuskan untuk menjaring leads sebanyak-banyaknya. Contoh layanan atau bisnis yang menggunakan landingpage jenis ini seperti :

  • Landingpage Download ebook
  • Pendaftaran Ecourse atau Kelas Online
  • Konsultan atau layanan jasa
  • Halaman Giveaway atau diskon
  • Halaman Pendaftaran Trial (Percobaan Gratis)
  • Coming Soon Produk
  • dan masih banyak lagi

Itulah penjelasan mengenai landingpage beserta fungsinya. Ternyata manfaat landingpage sangatlah beragam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…